Di dalam paradigma bisnis saat ini, yang terpenting bukan hanya tentang bagaimana untuk mengalahkan pesaing suatu perusahaan, melainkan juga harus menciptakan kepuasan bagi pelanggan atau pengguna dari suatu produk. Dengan membuat pelanggan puas dengan suatu produk, maka akan ada kemungkinan besar bagi pelanggan itu untuk kembali membeli produk yang sama. Sebelum menciptakan kepuasan pelanggan, kamu harus tahu dulu mengenai customer value fit. Berikut ini penjelasan dan juga manfaat untuk perusahaan. Yuk, disimak!
Pengertian Customer Value Fit

Value artinya nilai. Banyak sekali perusahaan yang tidak mengerti nilai dari pentingnya kepuasan pelanggan. Juga tidak mengerti cara mengukur nilai produk dan layanan perusahaan sendiri. Padahal, mengetahui nilai dari produk dan layanan sangat penting bagi kepuasan pelanggan. Seperti yang sudah ditulis di atas, kepuasan pelanggan sangat berarti agar pelanggan dapat kembali lagi.
Customer value fit merupakan selisih yang terjadi antara customer received (yang diterima oleh pelanggan) dan juga customer sacrifice (pengorbanan untuk pelanggan). Dengan kata lain berarti total manfaat yang diterima oleh pelanggan baik yang berwujud (tangible) maupun tidak berwujud (intangible) yang juga dikurangi dengan pengorbanan untuk pelanggan yang dikeluarkan oleh perusahaan (expense).
Alasan Perusahaan Harus Memahami Customer Value Fit
Di luar sana, banyak juga pelanggan yang paham akan kebutuhan diri tetapi tidak tahu hal seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan diri mereka sendiri. Maka dari itu tugas dari perusahaan harus memahami bagaimana cara menciptakan produk atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pada dasarnya, setiap pelanggan memiliki pengertian tersendiri dalam menilai suatu penawaran produk. Di mana nilai ini akan dapat memenuhi kebutuhan khusus dari pelanggan. Maka dari itu setiap perusahaan harus memahami customer value fit agar dapat memenuhi nilai yang dibutuhkan pelanggan. Tujuannya akan mendorong pelanggan agar terus melakukan transaksi pada produk perusahaan.
Cara Mendapatkan Customer Value

Untuk mendapatkan customer value atau nilai dari pelanggan, kamu harus melakukan evaluasi terhadap produk yang akan kamu ciptakan. Evaluasi produk ini tidak hanya pada saat pelanggan memutuskan untuk membeli tetapi evaluasi selama pelanggan menggunakan produk yang ia beli dari perusahaan, lalu manfaat setelah pelanggan menggunakan produk dari perusahaanmu. Customer value ini adalah bagian dari akhir sistem nilai yang memang memperlihatkan keberhasilan produsen ketika memasarkan produk kepada pelanggan.
Manfaat Customer Value Fit Untuk Perusahaan
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa customer value fit merupakan nilai pelanggan untuk produk perusahaan baik pada saat akan membeli produk, selama masa pemakaian dan setelah pemakaian. Manfaat untuk perusahaan ketika perusahaan mencari tahu atau menganalisa mengenai customer value, adalah produk yang dikeluarkan akan lebih diterima di kalangan pelanggan. Ketika pelanggan sudah menerima dengan baik dan merasakan manfaat yang pas untuk kebutuhan mereka, maka pelanggan pasti akan kembali untuk membeli lagi produk yang kamu keluarkan. Dengan kata lain, perusahaan akan mendapatkan pelanggan tetap.
Kelebihan dari pelanggan tetap adalah demi naiknya profit atau keuntungan perusahaan. Jika profit perusahaan naik setiap waktu atau tahunnya, sudah bisa dipastikan perusahaan yang kamu bangun akan masuk ke dalam perusahaan yang sukses. Profit ini tidak hanya akan dirasakan oleh pemilik perusahaan tetapi juga oleh seluruh tim yang berperan di dalamnya.
Itulah ulasan mengenai arti dari customer value fit dan juga manfaatnya bagi perusahaan yang harus kamu ketahui. Oleh sebab itu, customer value tidak boleh dianggap remeh baik oleh pebisnis pemula maupun yang sudah senior.