Market size dapat diartikan sebagai jumlah individu yang berpotensi dalam membeli atau menggunakan jasa pada periode tertentu. Kenapa dalam menentukan pasar harus diukur? Hal ini karena jika market kecil sama dengan sedikit yang membeli produk atau jasa yang akan menyebabkan gulung tikar dalam waktu dekat. Kenapa TAM, SAM, dan SOM sangat penting karena ini merupakan bagian dari perencanaan membuka bisnis dalam bagian pemasaran. Untuk lebih jelasnya apa itu TAM, SAM, dan SOM dan bagaimana cara mengukur ukuran pasar akan dijelaskan di bawah ini.
TAM

TAM merupakan kepanjangan dari Total Available Market adalah total permintaan pasar pada sebuah produk atau jasa. Atau lebih sederhananya adalah seberapa banyak populasi pengguna. TAM adalah bagian dari cara mengukur pasar yang harus diprediksi dan dipertimbangkan dengan baik. Jika diumpamakan dalam membuat kue, TAM adalah alat cara untuk mengukur seberapa besar kue yang sedang diperebutkan. Misalkan dalam suatu pasar ada 100.000 orang, melalui riset kamu akan menemukan bahwa kemungkinan orang yang akan membeli kue mu sebanyak 40% atau sekitar 40.000 orang. Namun harus diingat jika kamu memiliki pesaing di pasar, TAM kamu akan lebih kecil karena akan berbagi pasar ini dengan perusahaan lain.
SAM

Tahapan kedua cara mengukur ukuran pasar adalah SAM. SAM kepanjangan dari Served Available Market. SAM adalah untuk mengukur berapa banyak yang bisa dijangkau dengan menggunakan model bisnis yang telah dirancang oleh perusahaan. Contohnya jika TAM memperkirakan seberapa banyak populasi pengguna, maka SAM memperkirakan seberapa besar potongan kue yang dapat dimiliki.
SAM yaitu segmen TAM yang ditargetkan oleh produk/jasa yang berada dalam jangkauan geografis atau teknologi. Contoh SAM, kamu akan menjadi bagian dari 40.000 dari model bisnis yang ditargetkan. Model bisnis disiapkan untuk 15.000 orang/tahun. Berarti SAM kamu adalah 37,5 persen dari TAM, atau sekitar 5% dari total populasi kota.
SOM

SOM yang merupakan kepanjangan dari Serviceable Obtainable Market atau Share of Market adalah bagian dari SAM. SOM merupakan pangsa pasar yang dapat dicapai secara realistis terutama dalam beberapa tahun pertama. Dalam cara mengukur ukuran pasar, SOM diibaratkan sebagai seberapa besar kue yang dapat dimakan jika TAM diibaratkan sebagai ukuran kue yang diperebutkan dan SAM ibarat potongan kue yang menjadi bagian kamu. SOM yaitu model bisnis yang dapat dilayani secara realistis. Misal kamu hanya mempunyai 10 karyawan, kamu dan 9 orang lainnya. Nah secara realistis, berapa persentase SAM yang dapat dicapai pada tahun-tahun pertama.
Misal di sini anggap saja kamu hanya mampu memberikan pelayanan hanya ke 1.000 orang perbulan atau 12.000/tahun. Berarti SOM kamu sekitar 80 persen dari SAM atau sekitar 30 persen dari TAM kamu dan sekitar 12 persen dari total populasi di kotamu. TAM, SAM, dan SOM dikatakan sangat penting karena jika kamu merencanakan membuat sebuah bisnis dan meminta pendanaan kepada investor, seorang investor yang cerdas akan melihat keuntungannya melalui riset pasar. Riset pasar sendiri menggunakan metode TAM, SAM, dan SOM. Inilah yang menjadi alasan kenapa harus mengedepankan riset pasar bahkan sebelum kamu menulis rencana bisnismu.
Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mengukur ukuran pasar yang dapat disampaikan kali ini. Terimakasih bagi yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga ini bisa menambah wawasanmu tentang bagaimana mengukur ukuran pasar yang baik sebelum memulai bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!