CEO Apple, Tim Cook, mengeluarkan seruan yang lebih keras agar ada sebuah regulasi yang dapat membatasi kemampuan Facebook dan perusahaan lain dalam mengambil dan menggunakan data pelanggan.
Cook mengatakan bahwa dia lebih suka Facebook dan perusahaan yang lain untuk menghentikan penggunaan data pribadi dengan alasan mebangun “profil rinci orang-orang ini… yang ditambal dengan beberapa sumber.”
“Saya pikir regulasi terbaik adalah tidak ada regulasi, regulasi yang dibuat oleh masing-masing sendiri,” katanya. “Namun, saya pikir saat ini kita berada di luar itu.” Tegas Cook, seperti dilansir Recode.
Dalam beberapa hari terakhir Cook memang telah melontarkan kritikan terhadap facebook dan Cambridge Analytica serta semua pendekatannya terhadap privasi konsumen. Namun sebenarnya hal ini bukan hal baru bagi Cook dan perusahaannya. Pada tahun 2015 dia sudah membuat komentar yang mirip terhadap Facebook dan Google.
Steve Jobs yang merupakan pendahulu Cook bahkan sudah menegaskan bahwa pandangan dan sikapnya untuk urusan privasi ini berbeda dengan rival mereka seperti Google pada tahun 2010.
Facebook dan Google, tentu saja, menggunakan data konsumen sebagai bagian inti dari bisnis periklanan mereka yang sangat menguntungkan.
“Sebenarnya, kita bisa menghasilkan banyak uang jika kita memonetisasi pelanggan kita – jika pelanggan kita adalah produk kita. Kami memilih untuk tidak melakukan itu.” Tegas Cook.
Kasus skandal penggunaan data pribadi pengguna Facebook untuk kepentingan politik oleh Cambridge Analitica pada pemilihan presiden Amerika beberapa waktu lalu memang membuat para tokoh kenamaan perusahaan berbasis teknologi angkat suara.
Sebelumnya ramai diberitakan salah satu pendiri Whatsapp, Brian Acton, ikut bergabung dalam gerakan #DeleteFacebook yang kemudian diikuti oleh Elon Mask pendiri The Boring Company menghapus semua laman perusahaan mereka di facebook.