Dalam pemasaran, kata-kata tertentu sangat efektif untuk memancing minat dan perhatian calon konsumen potensial. Kata-kata yang kita pilih dan kemudian kita gunakan untuk promosi adalah trigger yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap poduk kita.
Di pasar yang sudah sangat sesak, pemilihan kata-kata yang tepat akan berpengaruh signifikan terhadap produk yang kita jual. Berikut ini ada 6 kata yang setidaknya bisa memancing minat orang untuk tahu lebih jauh tentang apa yang sedang kita tawarkan atau kita jual, yaitu:
Flash Sale
Flash Sale sangat ampuh dalam menarik minat calon konsumen untuk tertarik dan membeli produk yang kita jual. Flash Sale cocok digunakan untuk menjual suatu produk yang baru diluncurkan maupun penjualan produk lama di waktu-waktu khusus. Contoh nyata tentang kuatnya kata-kata ini dalam menarik konsumen adalah ketiga digunakan oleh salah satu perusahaan gadget untuk launching produk barunya secara eksklusif melalui salah satu ecommerce tanah air yang mendapat sambutan luar biasa oleh konsumen, bahkan banyak diantaranya rela inden.
Diskon
Diskon adalah kata-kata tua yang tidak pernah keghilangan tuahnya untuk memancing minat dan rasa ingin tahu calon konsumen potensial. Diskon adalah promosi yang akan secara langsung mengundang hasrat untuk membeli. Produk-produk yang diberi label diskon akan tampak lebih atraktif dan menarik perhatian konsumen.
Menghemat
Untuk segmen tertentu, kata menghemat memiliki daya tarik yang sangat besar dalam menentukan keputusan untuk melihat produk kita lebih jauh dan memutuskan akan membeli atau tidak. Kata-kata menghemat ini dalam prakteknya bisa digunakan dengan cara misalnya untuk pembayaran dan pelunasan dimuka akan menghemat sekian persen karena mendapat fasilitas potongan harga dll.
Bukti
Bukti adalah salah satu kata yang memiliki daya tarik tinggi lainnya. Salah satu hal terpenting yang membuat transaksi terlaksana adalah adanya trust atau kepercayaan. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dalam waktu singkat kita bisa menggunakan kata “Bukti” ini sebagai daya tarik. Kata “Bukti” ini sangat cocok jika digabung dengan angka-angka statistik, misalnya “Sembilan dari sepuluh wanita telah mendapatkan bukti bahwa teh hijau berkhasiat menjaga daya tahan tubuh tetap fit.”
Garansi
Kata “Garansi” akan dengan cepat memberikan rasa aman bagi konsumen, hal ini akan membuat proses pembuatan keputusan konsumen untuk membeli produk kita menjadi semakin mudah.
Terbaru
Hal-hal yang sifatnya baru selalu akan menjadi daya tarik yang kuat bagi konsumen, kata “baru” ini akan menjadikan rasa penasaran bagi segmen yang kita tuju. Contoh penggunaan kata “baru” dalam promosi adalah “Teknologi Terbaru, model sepatu terbaru, tren hijab terbaru” dan lain-lain.
Keenam kata-kata magis pemancing minat konsumen diatas jika digunakan dalam waktu dan konteks yang tepat akan mampu mendongkrak tingkat penjualan barang dan jasa kita dengan signifikan.