Memanfaatkan kekuatan konten dan jalur distribusi pemasaran di sosial media dapat membantu meningkatkan audiens dan basis pelanggan secara dramatis. Tapi jika kita memulainya tanpa pengalaman atau wawasan bisa menjadi kerepotan dan tantangan yang lumayan rumit
Penting agar kita sebelumnya bisa memahami hal-hal yang bersifat mendasar terkait pemasaran melalui media sosial ini antara lain, mulai dari memaksimalkan kualitas untuk meningkatkan pintu masuk online kita dll. Mengikuti 5 aturan penting ini akan membantu membangun fondasi kuat untuk memberikan pelayanan prima bagi pelanggan, peningkatan merek dan kemajuan bisnis kita secara keseluruhan. 5 buah aturan tersebut yaitu:
Aturan Pertama: Mendengarkan
Lebih banyak dengarkan dan kurangi bicara. Prinsip tersebut sangat pas untuk kondisi sosial media marketing sekarang. Sukses dengan media sosial dan pemasaran konten membutuhkan lebih banyak pendengaran dari pada terus menerus berbicara. Baca konten online audiens target kita, dan ikuti diskusi untuk mempelajari apa yang penting bagi mereka. Baru setelah itu kita dapat membuat konten dan memicu percakapan yang memberi nilai tambah dan mendapat perhatian dari konsumen potensial.
Aturan Kedua: Kualitas Terbaik
Lebih bagus memiliki konten yang berkualitas tinggi yang dibaca, dikomentari dan di share 10.000 orang dari pada memiliki 1.000 konten yang sama sekali tidak menarik calon pembaca. Pegiat sosial media marketing harus ingat, bahwa kualitas selalu lebih penting dari pada kuantitas. Kita hanya bisa menarik konsumen dengan kualitas yang bagus agar mereka loyal, kita tidak bisa menarik dan mengikatnya dengan konten sampah.
Aturan Ketiga: Sabar
Sosial Media Marketing bukanlah sebuah sulap. Sosial media marketing tidak bisa membuat perusahaanmu tumbuh dalam semalam, ia berproses, dan kita harus mengikuti prosesnya dengan benar dan sabar. Untuk mempercepat hasil yang kita inginkan, kita bisa melakukan dua hal: dengan iklan dan dengan konten yang berkualitas dan memiliki segmen pembaca yang besar.
Aturan Keempat: Influencer
Influencer memiliki pengaruh yang dahsyat untuk mendongkrak bisnis kita melalui sosial media, jadi kita harus meluangkan waktu yang cukup untuk menemukan siapa influencer yang tepat di segmen pasar yang kita bidik. Influencer yang tepat dan cara penyampaian informasi yang juga tepat akan memiliki kekuatan otoritatif untuk mempengaruhi pasar agar membeli produk atau ide kita.
Aturan Kelima: Pengakuan
Sosial media diciptakan untuk interaksi sosial, jadi ketika kita memposting sebuah konten lalu ada yang menanggapi maka kita juga harus memberikan tanggapan balik. tanggapan seperti itunadalah sebuah bentuk pengakuan di dunia sosial media marketing. Jika segmen sasaran merasa tidak mendapat perhatian dan pengakuan kita maka akan sangat sulit untuk memenangkan persaingan di ranah sosial media.
2 comments
[…] ini Tanggapan OJK… Belajar dari Resolusi Mark Zuckerberg 2018: Setiap Entrepreneur… 5 Aturan Penting dalam Sosial Media Marketing Jika… 5 Produk yang Akan Trend di 2018. Ada… Daftar 20 Password Terburuk 2017, Apakah Salah […]
[…] ini Tanggapan OJK… Belajar dari Resolusi Mark Zuckerberg 2018: Setiap Entrepreneur… 5 Aturan Penting dalam Sosial Media Marketing Jika… 5 Produk yang Akan Trend di 2018. Ada… Daftar 20 Password Terburuk 2017, Apakah Salah […]